5 Macam Penyakit Hati dan 5 Macam Obat Penawar Hati

Dalam kehidupan ini memang tidak selamanya kita merasakan kebahagiaan, baik banyak maupun sedikit pasti kita pernah merasakan tekanan-tekanan. Dimana tekanan-tekanan ini bisa datang dari mana saja, bisa dari kehidupan rumah tangga, sosialisasi, bahkan kehidupan percintaan kita. Sering kali tekanan ini menyerang hati atau kalbu kita, hati manusia itu terkadang tidak stabil atau sakit sama halnya seperti badan, apabila terus-menerus terasa tertekan maka bisa saja ia terkana penyakit.
gambar by : chauril
Penyakit itu tidak hanya menyerang badan saja tapi juga bisa menyerang hati. Lalu apa sajakah macam-macam penyakit hati yang sering melanda kita.

1. Kebimbangan dan Keraguan : Bila seseorang mempunyai rasa bimbang dalam kehidupan, niscaya ia akan mengalami banyak kegagalan dalam meraih cita-citanya. Karena bagaimana mungkin kita bisa sukses apabila dalam keseharian saja kita masih bimbang dan ragu untuk menentukan hidup kita selanjutnya.

2. Ingin di Puji : Kenapa ingin dipuji termasuk kedalam penyakit hati? karena segala perbuatan baik yang kita lakukan jika hanya demi mendapatkan pujian dari orang lain merupakan suatu perbuatan yang hina, baik dimata sesama manusia mapun di mata Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Cinta akan dunia dan sangat ingin mempertahankannya : Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak menyukai orang-orang yang terlalu berlebihan dalam mencintai segala hal duniawi, dan orang yang cinta dunia itu sifat sosial kemasyarakatannya cenderung akan berkurang karena ia merasa harta dunia adalah segala-galanya. Sehingga tidak sabar bahwa saat ia akan meninggalkan hartanya atau hartanya yang akan meninggalkan dia untuk selamanya.

4. Iri Hati dan Dengki : Mungkin hal ini juga tidak asing lagi bagi kalian bahwa itu adalah penyakit hati yang sangat berbahaya, dan orang yang iri hati itu cenderung tidak tentram hatinya. Karena setiap harinya selalu diiringi oleh rasa benci terhadap keberhasilan orang lain yang tidak bisa ia dapatkan. Sifat iri dan dengki ini juga bisa berakibat fatal bagi masyarakat umum karena akan timbul saling fitnah antar sesama.

5. Berburuk Sangka atau Su'udzon : Buruk sangka adalah sifat curiga atau menyangkal orang lain telah berbuat buruk tanpa disertai oleh bukti yang jelas, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya "Wahai orang yang beriman! Jauhilah kebanyakan daripada prasangka, sesungguhnya sebagiaan daripada prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu mengumpat sebagian yang lain. Apakah seseorang antara kamu suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah adalah Al-Tawwab (Maha Penerima Taubat) lagi Ar-Rahim (Maha Pengasihani)." (QS. Al-Hujurat: 12).

Memang benar penyakit itu tidak menyerang tubuh saja tapi hati juga dapat diserang, dan kalau penyakit tubuh pun punya obat untuk menyembuhkannya lalu bagaimanakah untuk penawar obat penyakit hati? Obat untuk penawar hati itu adalah..

1. Membaca Al Quran : Orang yang ingin memperbaiki hatinya hendaknya ia berobat dengan membaca Al Quran, tetapi tidak hanya sekedar dibaca saja ia juga harus memahami, mengambil pelajaran, serta mematuhi hukum-hukum yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini Ibnu Qayyim berkata "Inti dari penyakit hati itu adalah syubhat dan nafsu syahwat sedangkan Al Quran adalah penawar bagi kedua penyakit itu, karena didalamnya terdapat penjelasan dan argumentasi yang akurat bagi kehidupan kita. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya:

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS.Yunus: 57).

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS. Al-Isra: 82).

2. Sholat, Berzikir, dan Perbanyak Mengingat Allah : Pasti kita semua sudah mengetahui bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan hamba-hambanya penyakit semata-mata supaya hambannya terus mengingat Allah Ta'ala. Dengan sholat dan berzikir itulah salah satu cara terapi hati agar kita terus mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan terus meminta ampunan darinya. Adapun firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya 

"Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram." (QS. Ar-Ra'd: 28). Obat hati ini membuat hati seseorang menjadi lebih hidup dari kekerasan dan kegelapan. Ibnu Qayyim pun pernah berkata "Segala sesuatu itu mempunyai penerang, dan sesungguhnya penerang hati itu adalah dzikrullah atau mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Berkumpul dan Bersahabat dengan orang Sholeh : Akan tetapi jangan sampai salah memilih teman atau bahkan sampai terjerumus kedalam lembah kejahatan. Seseorang yang bergaul dengan orang yang bertaqwa niscaya dia dijamin tidak celaka karena mereka tidak akan mengajak selain kepada kebaikan. Dan selamatlah hati kita dari terkontaminasi penyakit-penyakit hati.

Begitu juga sebaliknya jika kalian bersahabat dengan orang-orang yang tidak sholeh, tidak bertaqwa, dan tidak berbuat kebaikan, niscaya kalian akan mendapatkan celaka. Karena mereka akan mengajak kalian untuk melakukan kejelekan yang akan menyebabkan hati kalian menjadi kotor. Allah Subhanahu wa Ta'ala secara tegas berfirman yang artinya:

" Dan janganlah kamu mengikuti orang-orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta mengikuti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas." (QS. Al-kahfi: 28).

4. Mengingat Kehidupan di Akhirat : Sesungguhnya mengingat kehidupan di akhirat nanti juga menjadi obat penawar hati dan selain itu juga jika kita lalai dalam mengingat akhirat ternyata juga bisa menjadi penghambat segala kebaikan, kebajikan, dan merupakan pemicu setiap malapetaka dan kejahatan.

Sedangkan seseorang yang banyak mengingat akhirat akan menyadarkan dirinya akan kehidupan sebenarnya yaitu akhirat. Dengan demikian hatinya akan menjadi lurus dalam mengendalikan hidup serta tindakan dunia pun akan mencerminkan amal nyata dimana kita bisa menuai hasilnya di akhirat kelak.

5. Banyak Berdoa kepada Allah : Inilah yang terakhir, karena berdoa merupakan pintu utama yang agung untuk memperbaiki hati. Allah berfirman yang artinya "Maka mengapa mereka tidak memohon kepada Allah dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras dan setan pun menampak-kan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan" (QS. Al-an'am: 43).

Memiliki penyakit hati bukan suatu kebanggaan akan tetapi itu merupakan suatu kemunduran dari diri kita sendiri, karena dengan penyakit hati kita bisa saja membuat orang lain yang tersinggung menjadi sakit hati dan tidak terima atas perlakuan kita, dan oleh karena itu jagalah hati kita dengan memperbanyak mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala, Sholat, dan Berzikir karena dengan hal itu lah InsyaAllah kita akan terhindar dari segala macam penyakit hati, dan dengan informasi ini semoga kita tidak menjadi salah satu hamba Allah yang memiliki penyakit hati. Amin ya Robbalalamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Macam Penyakit Hati dan 5 Macam Obat Penawar Hati"

Post a Comment