4 Persiapan Muslimah Sebelum Menikah

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Alhamdulilah para pembaca bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja dan selalu di berkati oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala amin. InsyaAllah aku akan memberikan ilmu tentang islam mengenai Persiapan Muslimah Sebelum Menikah. Berikut itu pemaparannya .



"Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyaat: 49).

Para pembaca yang beriman, Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan segala sesuatunya dengan berpasang-pasangan, karena itulah Allah Subhanahu wa Ta'ala menyuruh kita hamba-hambanya untuk menikah. Menikah dapat disebut sebagai salah satu kebutuhan manusia, karena dengan menikah selain dapat menyalurkan kebutuhan manusiawi seperti kasih sayang, ketentraman hidup, dan mendapatkan keturunan.

Pernikahan dalam agama Islam juga sebagai bentuk ibadah pada Allah Subhanahu wa Ta'ala, namun meskipun telah mengetahui banyak manfaatnya dari menikah, sebagai muslimah ada saja ketika ditanya "Kapan Menikah?" mereka menjawab "Nanti saja jika sudah siap". Lalu sebenarnya apa ukuran kesiapan seorang muslimah untuk menikah? serta apa yang harus dipersiapkan para muslimah sebelum memutuskan untuk menikah? Berikut penjelasannya...

Ukuran kesiapan bagi setiap orang untuk menikah memang berbeda-beda, ada yang mendefinisikan siap itu dengan punya item tertentu seperti rumah pribadi, kendaraan pribadi, rekening pribadi dan lain sebagainya, dan ada pula yang mematok usia sebagai faktor kesiapan menikah. Sedangkan didalam Al Quran dan Hadist tidak ada ukurang kesiapan orang menikah sampai seberapa. Bagi laki-laki pun tidak pernah dituliskan laki-laki harus memiliki harta berlimpah baru dikatakan mampu atau siap menikah.

Justru dalam Al Quran, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjamin akan memberikan karunianya bagi mereka yang telah menikah. Seperti dalam firman Allah yang artinya "Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan meng-kayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui." (QS. An Nuur: 32). Bagi wanita justru lebih mudah karena wanita tidak diberi kewajiban untuk mencari nafkah. Jika begitu lalu apa tanda siap menikah bagi wanita muslimah ?

Muslimah yang akan siap menikah biasanya dilihat dari kepribadiannya yang sudah mengenal bagaimana bentuk tanggung jawab sudah baliq dan sudah punya ilmu pengetahuan serta keinginan untuk menikah agar terhindar dari dosa. Dan yang perlu diingat bahwa sebuah pernikahan harus dipersiapkan secara matang baik mental maupun fisik, karena sebuah pernikahan bukan hanya tentang pesta dan segala macam hingar-bingarnya.

Justru tak jarang kita melihat pernikahan itu berhenti ditengah jalan karena belum matangnya persiapan. Nah para pembaca, lalu hal apakah yang harus dipersiapkan sorang muslimah sebelum menikah ? berikut penjelasannya untuk kalian..

1. Memperbaiki Diri

Seorang muslimah pasti ingin memiliki imam yang baik maka kuncinya adalah berusaha memperbaiki diri menjadi muslimah yang berakhlak baik, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memasangkan orang baik dengan pasangan yang baik pula. Seperti dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya "Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).." (QS. An-Nur: 26).

Memperbaiki diri dengan menjadi muslimah yang berakhlak baik dapat dilakukan dengan salah satunya dengan cara membaca buku tentang akhlak serta berusaha mengamalkannya, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberatkan timbangan seorang mukmin yang berakhlak baik seperti dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi "Sesuatu yang paling berat dalam timbangan seorang Mukmin adalah akhlak yang baik. Allah murka kepada orang yang bertutur keji dan jorok". (HR. Al-Baihaqi). Karena itulah hendaknya kita sebagai muslimah untuk selalu memperbaiki diri dan melakukan yang baik, karena dengan begitu InsyaAllah jodoh yang datang pada kita juga jodoh yang baik.

2. Niat

Persiapan muslimah yang selanjutnya adalah memantapkan niat. Niat untuk menikah harus tertanam dalam hati dengan ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena segala amal ibadah bergantung pada niat yang tulus hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Memahami Arti Sebuah Pernikahan

Seorang muslimah juga harus lebih giat dan rajin membaca, menelaah dan memahami seluk-beluk pernikahan. Mulai dari Ta'aruf sampai pernikahan dan hidup bekeluarga sesuai dengan syariat Allah Subhanahu wa Ta'ala tetapkan melalui sunah Rassulnya, lalu membiasakan diri mengamalkan hal-hal yang disunahkan.

4. Menuntut Ilmu

Berusaha menuntut ilmu juga merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Karena seseorang yang ingin membangun keluarga yang bahagia tentunya memiliki konsep keluarga yang ideal berdasarkan ilmu dan pemahaman yang dimilikinya. Dan hal itu bisa didapatkan dari pengalaman orangtua maupun referensi dari buku-buku yang dapat diteladani, agar hidup dalam keluarga lebih ter-arah dengan syariat Islam yang benar. Karena jika kita memiliki suatu pengetahuan berupa ilmu lalu kita dapat mengamalkannya hal tersebut juga bukan hanya meneladani apa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat namun merupakan suatu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Disamping suatu keharusan yang disyariatkan, karena hanya dengan ilmulah yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Seperti Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya "Katakanlah:"Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?". (QS. Az-zumar: 9).

Para pembaca yang beriman, demikianlah persiapan yang perlu dilengkapi untuk menjalani kehidupan berkeluarga yang sesuai dengan tuntunan Al Quran. Menikah adalah ibadah dan ibadah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena itulah segalanya harus dipersiapkan dengan matang. Namun semua persiapan tidak begitu saja dapat diraih melainkan perlu waktu dan proses belajar menuju kesana, karena itulah saat kita masih memiliki banyak waktu dan belum terikat oleh kesibukan rumah tangga upayakanlah untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya demi mendapatkan rumah tangga yang Sakinah Mawadah dan Warohmah kelak . Amin ya Robbal Alamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Persiapan Muslimah Sebelum Menikah"

Post a Comment