Perbandingan Waktu Di Dunia Dan Di Akhirat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Pada kesempatan kali ini, aku ingin kita sama-sama bersyukur tentang apa yang sudah kita alami di dunia sampai detik ini. Betapa banyaknya nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita tapi terkadang kita masih aja menuntut lebih kepadaNya. Pembaca yang budiman, sebagaimana kita mengetahui bahwasanya hidup di dunia ini hanyalah sementara, bahkan bisa dibilang tidak ada apa-apanya dibandingkan kehidupan di akhirat kelak. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Salah satu firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjelaskan bahwa:

"Dan sesungguhnya satu hari (menurut perhitungan) Tuhanmu adalah seperti 1.000 tahun menurut perkiraanmu." (QS Al-Hajj ayat 47).

Berdasarkan ayat tersebut, marilah kita coba berhitung dengan cara yang sederhana untuk memperkirakan perbandingan antara hari di dunia dengan hari di akhirat.
  • 1 hari di akhirat = 1.000 tahun di dunia
  • 1 tahun di dunia = 365 hari
  • 1 hari di akhirat = 1.000 x 365 = 365.000 hari
Artinya, 1 hari di akhirat adalah 365.000 hari di dunia.

Lalu, bagaimana jika 1 hari di akhirat juga terdapat 24 jam seperti di dunia?
  • 1 hari di akhirat = 1.000 tahun di dunia
  • 1 hari di dunia = 24 jam
  • 1 jam di akhirat = 1000 / 24 = 41,7 tahun
Itu berarti setiap jam di akhirat adalah 41,7 tahun di dunia.

Apabila setiap umat islam melihat dari Nabi Muhammad SAW adalah mayoritas kurang dari 60 tahun, maka jika dibandingkan dengan waktu hidup di akhirat sebagai berikut
  • 1 jam di akhirat = 41,7 tahun
  • 60 tahun / 41,7 tahun = 1,4 jam
Kesimpulannya, kita hanya hidup di dunia selama 1,4 jam apabila dihitung dengan kehidupan di akhirat. 

Astaghfirullah haladzim.. Pembaca yang budiman betapa meringisnya kita mengetahui perhitungan yang tadi bukan. Kehidupan yang sampai detik ini kita jalani ternyata tidak ada artinya dengan hidup di akhirat nanti, seperti firman Allah SWT yang berikut ini:

" Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan main-main dan senda gurau belaka. Dan sesungguhnya negeri akhirat itu adalah terlebih baik bagi orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" 
(QS Al-An'am ayat 32).

Jelas dari ayat tersebut bahwa Allah SWT senantiasa sudah memberikan peringatan kepada umatNya. Kemudian hendaklah kita bersiap-siap akan hal itu. Tetapi yang perlu kita ingat adalah perhitungan di atas hanyalah asumsi semata dan bukanlah angka pasti. Alangkah takaburnya kita apabila berani meyakini perhitungan tersebut, naudzubillah. Hanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala lah yang paling mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia dan akhirat.

Semoga dengan adanya perhitungan di atas kita mampu memaknai kehidupan ini, agar segala perbuatan dan perkataan yang kita lakukan lebih bermanfaat untuk sesama, dan tentunya mendapat ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan Waktu Di Dunia Dan Di Akhirat"

Post a Comment