5 Fakta Mengeringan Tentang Bumi

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Bismillahirahmanirrahim alhamdulillah chauril.blogspot.com masih diberi kesehatan untuk membuat artikel tentang Berita,Ilmu Pengetahuan, Sejarah Islam. Kali ini aku akan membahas tentang 5 Fakta Mengerikan Tentang Bumi, sebgai salah satu planet dalam tatasurya bumi memang menjadi satu-satunya tempat yang dihuni makhluk hidup karena memiliki berbagai unsur hara kehidupan, dengan usia jutaan tahun bumi telah menjalani berbagai kondisi hingga menjadi tempat tinggal kita, dimana kita hidup, berkembang biak, menjalin hubungan sekaligus tempat saling berperang dan menyakiti.


Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyatakan bumi dan segala isinya untuk perkembangan kehidupan kita sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang artinya "Dan dia ciptakan dibumi itu gunung-gunung yang kokoh diatasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya." (QS. Fushilat :10).

Kehidupan manusia memang sangat bergantung kepada segala yang ada dibumi namun pernahkah kita bayangkan bahwa planet tempat tinggal kita ini dalam masa kritis, bukan hanya itu terdapat beberapa fakta mengerikan lagi tentang bumi kita. Dan apa saja fakta-fakta tersebut ?

1. Pemanasan Global

Fakta yang mengerikan ialah pemanasan global, mungkin ini adalah isu yang tidak pernah henti disuarakan, meskipun banyak pihak menuding ini hanyalah isu yang dibuat-buat namun telah banyak bukti nyata yang dapat kita rasakan diatantaranya adalah...? (Badai besar setiap tahun, Gelombang pasang yang semakin tinggi, Kekeringan dibanyak daerah, dan juga Peningkatan suhu secara bertahap setiap tahunnya.

2. Perubahan Struktur Tanah

Jika dilingkungan tempat tinggal kalian yang tadinya aman dari banjir kemudian kini sering tergenang air bahkan banjir disaat hujan deras, maka hal ini bisa jadi karena tanah disekitar anda mengalami penurunan level. Bangunan gedung-gedung yang dibangun manusia dan ditambah dengan padatnya penduduk maka beban yang harus di topang oleh tanah juga semakin berat sehingga struktur tanah menjadi semakin padat dan tidak mampu menyerap air secara maksimal.

3. Peningkatan Kadar Karbon Dioksida (CO2)

Fakta yang ketiga adalah peningkatan karbon dioksida (co2) pada bumi, hasil catatan para ilmuan mengatakan bahwa atmosfer bumi sekarang mengandung 40% karbon dioksida lebih banyak dari oksigen. Ini diperburuk dengan laju pembabatan hutan untuk pembukaan lahan pemukiman dan industri, selain itu jumlah kendaraan berbahan bakar minyak bumi juga mengalami peningkatan, sehingga asap kendaraan yang dikeluarkan kendaraan menguap diatmosfer. Hal ini mengakibatkan peningkatan suhu di bumi dan kadar oksigen di bumi jadi semkain menipis sehingga udara pun menjadi tidak segar lagi.

4. Lenyapnya Hutan-hutan Di Bumi

Fakta yang keempat adalah lenyapnya hutan-hutan di bumi, data menyebutkan bahwa 1 hingga 1 ½ hektare hutan hujan telah hilang setiap detiknya untuk digantikan pemukiman dan pabrik-pabrik tambang. Sehingga sebuah prediksi mengerikan menyebutkan bahwa hutan hujan akan punah dalam kurun waktu 40tahun kedepan jika gaya hidup manusia tidak berubah.

5. Hewan dan Tumbuhan Punah

Berikutnya adalah hewan dan tumbuhan yang semakin punah dalam sebuah perkiraan para ilmuan, bumi sedang kehilangan 170 jenis tanaman dan hewan setiap harinya. Penyebab utamanya tentu saja akibat dari hilangnya tempat mereka hidup, hutan yang terus digusur menjadikan mereka tidak bisa lagi bertahan. Dengan hilangnya tanaman dan hewan maka lenyap juga bahan utama kebutuhan manusia untuk hidup dan juga bahan obat-obatan.

"Apakah mereka tidak melihat bahwa Kami menyusutkan bumi secara bertahap dari segala arah, dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak kehendak-Nya dan Dialah Yang Maha cepat hisab-Nya." (QS. Ar-rad :41).

Dengan ini hendaknya kita sadar bahwa semua yang kita miliki didunia dan semua yang dicipitakan dibumi untuk kita akan musnah pula, dan hanya dengan rahmat Allah lah yang menjadikan kita tetap bertahan sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah yang lain bahwa "Semua yang akan ada dibumi itu akan binasa. Dan hanya dzat Tuhan-mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan tetap kekal." (QS. Ar-Rahman :26-27).

Para pembaca yang beriman untuk itu mari kita sadarkan diri kita untuk lebih menyayangi bumi tempat tinggal kita dengan menjaga dan merawat segala yang ada dibumi. Semoga informasi ini sangat bermanfaat dan dapat menambah kesadaran kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Mengeringan Tentang Bumi "

Post a Comment