3 Cara Membalas Kasih Sayang Orangtua Dalam Islam

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Para pembaca yang beriman, kasih sayang orangtua terhadap anak-anaknya melebihi apapun di dunia, berbagai pengorbanan dilakukan orang tua demi anaknya dan tak jarang hal tersebut menyebabkan hilangnya nyawa. Seperti beberapa orangtua hebat berikut ini.


Beberapa waktu lalu terjadi peristiwa tanah longsor di daerah cipanas cianjur jawa barat, insiden yang terjadi tengah malam itu menyebabkan sebuah bangunan hotel club bali ambruk diterjang tanah longsor. Hujan deras yang mengguyur daerah tersebut disinyalir menjadi penyebab longsornya tanah. Beberapa orang berhasil di evakuasi oleh pihak berwenang.

Namun ada yang menjadi sorotan dalam peristiwa ini, dimana seorang anak berusia 8 tahun bernama Natasha yang berhasil diselamatkan tim BASARNAS. Anak tersebut ternyata bisa lolos dari maut berkat pelukan sang ayah yang menjadi satu dari dari tiga korban tewas di peristiwa itu. Tim BASARNAS yang melakukan evakuasi mengaku tercengang melihat aksi heroik seorang ayah yang mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan sang anak. Ia menceritakan posisi tubuh ayahnya itu menahan tekanan dinding kamar hotel dari depan, sementara bahu dan kedua tangannya menahan balok beton dari atas dan sang anak memeluk di bawah perut sang ayah.

Hal tersebut terlihat melalui celah lubang yang menganga di lantai atas kamar yang ambruk. Petugas lainnya memaparkan menjelang siang gerak tubuh korban masih bisa terlihat namun menjelang sore tidak ada sama sekali. Sang ayah meninggal dunia setelah menahan bobot dinding serta bagian atas atap hotel yang runtuh demi menyelamatkan putrinya. Kisah ini hanyalah contoh kecil dari banyaknya pengorbanan orangtua lakukan bagi anaknya. Jika kita menempatkan diri sebagai anak, kita pasti tau bahwa tidak akan terhitung pengorbanan orangtua kepada kita, sejak kita di dalam kandungan, menghabiskan waktu sebagai anak-anak menjalani kehidupan remaja sehingga akhirnya tumbuh menjadi manusia dewasa yang siap menghadapi dunia.

Namun para pembaca, mampukah kita membalas kebaikan kedua orangtua kita. Mungkin dari sedikit penjelasan tadi kita dapat menyimpulkan bahwa kita tidak akan mampu membalas jasa dari orangtua kita, namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membalas pengorbanan keduanya, yaitu...

1. Bergaul dan berbuat baik dengan membuat hati orangtua kita selalu bahagia, meskipun hal ini perkara yang kecil namun jarang sekali dilakukan seorang anak bagi orangtuanya.

2. Bertutur-kataan yang baik dan lemah lembut, hati orangtua kadang lebih sensitif terhadap sesuatu hal, untuk itu sebagai anak hendaknya kita menjaga hati kedua orangtua kita. Jangan sesekali marah atau menggerutu akan perkataan orangtua kita. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya :
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada Ibu, Bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut saat pemeliharaanmu maka sekali-kalinya janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan (ah) dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." QS.Al-isra: 23-24

3. Dengan tawadhu atau rendah diri, artinya kita tidak sombong dengan apa yang kita miliki. Justru malah seharusnya kita sadar dengan apa yang kita miliki tidak terlepas dari usaha dan jerih payah kedua orangtua dalam mendidik dan mengantarkan kita kepada jalan kesuksesan itu. Selain ke tiga cara tersebut sebetulnya masih banyak lagi yang dapat kita lakukan demi membalas jasa orangtua kita, dan yang paling terpenting adalah selalu mendoakan mereka.

Para pembaca yang beriman, begitu besarnya pengorbanan yang telah orangtua kita lakukan demi kehidupan kita, kasih sayang mereka berdua tidak bisa tergantikan suatu apapun. Untuk itu mari kita perbaiki diri kita agar jeripayah orangtua kita selama ini tidaklah sia-sia. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan kasih sayangnya kepada kedua orangtua kita. Aamiin ya Robal'alamin.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Cara Membalas Kasih Sayang Orangtua Dalam Islam"